Tips Jualan Online Bagi UMKM Pemula

Tips Jualan Online Bagi UMKM Pemula

E-commerce Tokopedia membagikan sejumlah langkah perlu agar UMKM pemula atau baru sanggup mencapai keberhasilan disaat berjualan secara daring atau online. Head of Product Marketing Tokopedia Olivia Kurniawati menyebutkan pastikan pelaku UMKM itu mengerti dan mengerti merek proposition dan unique selling point berasal dari produk yang ditawarkan.

Selain itu, pelaku UMKM pemula terhitung mesti mengidentifikasi target pasar mereka. Pelaku UMKM terhitung mesti melakukan pemetaan terhadap kompetitor yang ada Berminat Berjualan Online? Ikuti Tips Jualan di Shopee Berikut Ini! .

Berkaitan bersama metode pemasaran apa yang mesti digunakan dan kanal digital apa yang mesti dipakai? Olivia menyarankan agar pelaku UMKM baru coba semua kanal digital didalam melakukan pemasaran.

“Hal itu perlu gara-gara kita tidak mengerti kanal digital mana menarik para costumer, menjadi aku menyarankan kepada UMKM pemula untuk coba seluruhnya agar kita mengerti kanal mana yang lebih efisien didalam melakukan digital marketing dan kanal-kanal selanjutnya mesti saling menunjang,” katanya, didalam diskusi daring Marketing Talk yang digelar Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Indonesia (UI) di Jakarta, Jumat (20/11).

Menurut dia, UMKM pemula mesti mengerti produk mana yang akan dibeli. Pelaku UMKM terhitung mesti mempelajari bagaimana perjalanan pembeli sampai memutuskan untuk membeli produk tersebut.

“Menurut aku sebelum akan UMKM pemula manfaatkan iklan, biasanya aku selamanya menyarankan adalah UMKM pemula mesti membangun kepercayaan atau trust pernah bersama customer,” ujar Olivia Bisnis jualan online .

Untuk penawaran dan penjualan di sosial sarana seperti Instagram, Olivia menyarankan kepada UMKM pemula untuk mengirimkan produk kepada lingkungan terdekat seperti keluarga, teman kantor, teman sekolah, tetangga, atau rekanan, secara gratis. Beri mereka kesempatan mereka sanggup coba agar sanggup memberi tambahan referensi dan juga anjuran kepada rekan-rekan mereka lainnya.

“Jadi modal kita barangkali sebatas harga modal berasal dari produk yang kita jual, agar keluarga dan rekanan kita memberi tambahan referensi di e-commerce atau sosial sarana area produk UMKM pemula itu di tawarkan agar disaat diiklankan audience yang melihatnya sanggup mengerti liat positif untuk produk tersebut,” katanya.

Dengan demikian pembeli sesudah itu yakin dan pada akhirnya memutuskan untuk membeli produk selanjutnya usai membaca liat positif. “Hal-hal ini yang menurut aku mesti dipikirkan sebelum akan UMKM pemula melakukan investasi terhadap iklan atau advertising,” ujar dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *